Selasa, 09 Maret 2010

Survey: iPhone Bikin 'Candu dan Tersesat'


Bukan hanya internet saja yang bisa bikin kecanduan. Ponsel pintar keluaran Apple pun ternyata juga bisa membuat penggunanya kecanduan, demikian menurut survei terbaru dari Stanford University.

Dari 200 pelajar pemilik iPhone yang diteliti, ditemukan sejumlah fakta yang sedikit mengejutkan. Di antaranya, iPhone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup para pelajar dan mereka merasa 'tersesat' tanpanya.

Sebenarnya apa saja sih yang dilakukan pelajar itu dengan iPhone miliknya?

Jika disimak dari hasil survey ini, sebenarnya pemanfaatan iPhone oleh pelajar tidak penting-penting amat. Terbukti, sebanyak 85% dari mereka mengaku menggunakannya sebagai jam, kemudian 89% lainnya memakaianya sebagai alarm.

Selain itu 75% mengatakan suka tidur dengan iPhone di sampingnya, meski tidak dijelaskan alasannya. Serta 69% partisipan bercerita mereka lebih memilih ketinggalan dompet daripada iPhone-nya.

Dan ditilik dari kadar ketergantungan dengan skala 1-5--dari tidak kecanduan sama sekali hingga sangat kecanduan--10% menempatkan dirinya di angka 5 alias sudah sangat kencanduan, 34% di angka 4 dan hanya 6% saja yang mengklaim diri mereka tidak menyandu iPhone.

Meski begitu, tidak selamanya kecanduan membuat orang 'sakit'. Setidaknya menurut profesor antropologi Tanya Luhrmann yang berpikiran bahwa hal itu sehat-sehat saja.

Beberapa keuntungan memiliki iPhone pun dibeberkan dari hasil studi di atas. Dikutip
detikINET dari LiveScience, Rabu (10/3/2010), 70% pelajar pemilik iPhone mengaku piranti itu membuat mereka lebih terorganisir dan 54% lainnya mengaku dengan iPhone mereka jadi lebih produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

villa aman D'sini sentul bogor The real account of Villa Aman D'sini sentul city desa bojong koneng kabupaten bogor con...