Minggu, 07 Februari 2010

TOPI NEGATIF

By : Dadang Kadarusman

Siapa pemakai TOPI NEGATIF ?
Pemakai TOPI NEGATIF adalah orang orang selalu menanggapi apapun secara negatif. Orang-orang yang selalu memandang NEGATIF terhadap PEMIKIRAN, GAGASAN dan PENDAPAT orang lain. Orang orang yang selalu berusaha mencari celah dan menemukan sisi buruknya. Apapun yang dikatakan orang selalu ditanggapi NEGATIF. Selalu berdiri disudut pandang yang NEGATIF.
Hasilnya, dia tidak mendapatkan manfaat apapun dari apa yang disampaikan orang.

Apakah anda seorang pemakai TOPI NEGATIF ?

Orang-orang yang hanya cerdas IQ tapi rendah EQ (SIKAP), sering dilanda frustrasi karena kegagalannya untuk meraih penerimaan orang lain atas ’kecanggihan’ dirinya.
Orang paling cerdas sekalipun tidak mampu menemukan semua solusi. Sehingga, kesediaan kita untuk menerima gagasan dan masukan dari orang lain dengan HATI dan PIKIRAN yang BERSIH adalah faktor yang paling penting dalam mencapai keberhasilan.

Faktor penting lainnya adalah KOMUNIKASI. Komunikasi yang baik adalah bukan hanya ISI atau KONTEN yang harus baik, melainkan juga bagaimana CARA MENYAMPAIKAN.

Konflik sering terjadi karena salah satu pihak merasa benar sendiri.

TIPS Menghindari Konflik :

(1) Menghargai hak orang lain untuk menyampaikan gagasan,
(2) Membuka diri akan kemungkinan kebenaran pihak lain,
(3) Menempuh jalan elegan saat berbeda pendapat,
(4) Jikapun tidak bisa mencapai kata sepakat, junjung tinggilah norma yang berlaku dimasyarakat.

~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

villa aman D'sini sentul bogor The real account of Villa Aman D'sini sentul city desa bojong koneng kabupaten bogor con...